PERANGKAT KBM



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah           :  SMK Negeri 1 Satui
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester          : XI / 1
Waktu                         :  6 x 45 menit
Aspek                          :  Al-Qur’an

A.  Standar Kompetensi
1.  Memahami ayat-ayat   Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan

B.  Kompetensi Dasar
1.1       Membaca  QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32.
1.2       Menjelaskan arti QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32.
1.3       Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi        :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar
  Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar.
  Mampu membuat contoh kata sesuai hukum tajwid.
  Mampu mengartikan setiap kata yang terdapat dalam Q.S Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar.
  Mampu mengartikan ayat Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.
  Mampu menterjemahkan Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32
  Mampu menyimpulkan intisari QS Al Baqarah: 148 dan Fatir: 32.
  Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS Al Baqarah: 148 dan Fatir: 32
  Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.
  Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  Q.S. Al Baqarah:148
  Q.S. Fatir: 32

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab, diskusi,  dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar
  Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar.
  Mampu membuat contoh kata sesuai hukum tajwid.
  Mampu mengartikan setiap kata yang terdapat dalam Q.S Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar.
  Mampu mengartikan ayat Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.
  Mampu menterjemahkan Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32
  Mampu menyimpulkan intisari QS Al Baqarah: 148 dan Fatir: 32.
  Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS Al Baqarah: 148 dan Fatir: 32
  Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.
  Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Membaca dengan fasih Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
  Siswa mengamati tajwid Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
  Mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
  Mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
  Mendiskusikan terjemah  Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
  Siswa membiasakan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
  Mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
  Menunjukkan perilaku  berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32,
-      guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-      Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas ?
-      Pernahkah kalian membaca surat tersebut diatas ?
-      Siapakah diantara kalian yang sudah hafal Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 ?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Q.S. Al Baqarah : 148, yaitu sebagai berikut:
        وَلِكُلٍّ وِّجْهَةٌهُوَمُوَلِّيْهَافَاسْتَبِقُوْاالْخَيْرٰتِۗ اَيْنَ مَا تَكُوْنُوْا يَاءْتِ بِكُمُ اللهُ جَمِيْعًاۗ اِنَّ
         اللهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ.                                                                 
-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Q.S. Fatir : 32, yaitu sebagai berikut:
ثُمَّ اَوْرَثْنَا الْكِتٰبَ الَّذِيْنَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَاۚ فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِنَفْسِهٖۚ وَمِنْهُمْ مُّقْتَصِدٌۚ
وَمِنْهُمْ سَابِقٌۢ بِالْخَيْرٰتِ بِاِذْنِ اللهِۗ ذٰلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيْرُۗ.
-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa membaca arti Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32  dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32  kepada siswa.
-      Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin Q.S. Al Baqarah : 148 berikut artinya dengan benar.
-      Setelah selesai menyalin Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 berikut artinya, guru menjelas hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada ayat tersebut.
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang proses awal kejadian manusia sebagaimana yang terkandung dalam isi Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 secara berkelompok.
-      Selanjutnya guru menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi tentang hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32  secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Dalam Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, yaitu berkompetisi dalam kebaikan dan kebajikan karena kebaikan dan kebajikan adalah karunia Allah yang terbesar.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMK kelas 2
  Buku Tafsir
  Buku-buku yang relevan

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Bacalah penggalan ayat yang mengandung arti Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar
ذٰلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيْرُۗ



2.
        اِنَّ اللهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
 Arti penggalan ayat tersebut adalah........

Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

3.
Hukum bacaan “nun mati” bertemu dengan “nun” adalah…….

Idgham Bighunnah




II. Tes Perbuatan
No.
Nama Siswa
Kemampuan Membaca
1
2
3
4
5
1.     1
Usman





2.     2
Said





3.     3
Sutejo Ade





Dst
Dst..........................







Keterangan :                                                            Skor Tes Perbuatan :          
1.    = Membaca lancar dan baik                                 = 80 – 90 = A
2.    = Membaca lancar kurang baik                            = 70 – 79 = B
3.    = Membaca Terbata-bata                                     = 60 – 69 = C
4.    = Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru   = 50 – 59 = D
5.    = Tidak dapat membaca                                       = kurang dari 50 = E
III. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Tujuan Kita diciptakan oleh Allah untuk beribadah kepada-Nya.




2.
Membaca Al Qur’an banyak mengandung nilai ibadah.




3.
Sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah dapat kita lalukan dengan mengucapkan hamdalah  اَلْحَمْـدُلِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْــنَ  " setiap kali kita memperoleh nikmat serta menjalankan perintah Nya dan menjauhi larangan Nya.





dst
……………………………………………….




Keterangan :                                Skor Tes Sikap:
SS             = Sangat Setuju                       = 50
S               = Setuju                                   = 40
TS             = Tidak Setuju                                    = 10
STS          = Sangat Tidak Setuju                        = 0


IV. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-          apa yang dilihat;
-          laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-          laporan dari orangtua murid atau siswa.





  LEMBAR TUGAS

 
 





Salinlah Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar, kemudian artikan dan carilah kalimat/ayat yang berhubungan dengan tajwid: ikhfa, idgham, dan izhar.

                                                                                               




Mengetahui,                                                                         Satui, 18 Juli 2016
Kepala SMKN 1 Satui                                                          Guru PAI                   




HANDAYA WICAKSANA, S.Pd, MM                                   NURSALIM, S.PdI
NIP. 19720226 199412 1 002                                                 NIP. 19760106 201101 1 005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar