Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMK
Negeri 1 Satui
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI
/ 1
Waktu : 6 x 45 menit
Aspek : Al-Qur’an
A. Standar Kompetensi
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan
B. Kompetensi Dasar
1.1 Membaca QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32.
1.2 Menjelaskan arti QS Al
Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32.
1.3 Menampilkan perilaku
berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS
Fatir: 32
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Mampu membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan
Fatir : 32 dengan baik dan benar
Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al
Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar.
Mampu membuat contoh kata sesuai hukum
tajwid.
Mampu mengartikan setiap kata yang terdapat
dalam Q.S Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar.
Mampu mengartikan ayat Q.S. Al Baqarah :
148 dan Fatir : 32.
Mampu menterjemahkan Q.S. Al Baqarah : 148
dan Fatir : 32
Mampu menyimpulkan intisari QS Al Baqarah:
148 dan Fatir: 32.
Mampu mengidentifikasi perilaku
berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS Al Baqarah: 148 dan Fatir: 32
Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi
dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir :
32.
Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi
dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir :
32.
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai
keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak
dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/ Ekonomi
Kreatif :
Patuh dalam
melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
Toleran terhadap
pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
Q.S. Al Baqarah:148
Q.S. Fatir: 32
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab,
diskusi, dan Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan
mampu untuk :
Mampu membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar
Mampu mengidentifikasi
tajwid Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar.
Mampu membuat contoh
kata sesuai hukum tajwid.
Mampu mengartikan
setiap kata yang terdapat dalam Q.S Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik
dan benar.
Mampu mengartikan ayat
Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.
Mampu menterjemahkan
Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32
Mampu menyimpulkan
intisari QS Al Baqarah: 148 dan Fatir: 32.
Mampu mengidentifikasi
perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS Al Baqarah: 148 dan
Fatir: 32
Mampu mempraktikkan
perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al
Baqarah: 148 dan Fatir : 32.
Mampu menunjukkan
perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah:
148 dan Fatir : 32.
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Membaca dengan fasih Q.S. Al Baqarah: 148
dan Al Fatir: 32.
Siswa mengamati tajwid Q.S. Al Baqarah: 148
dan Al Fatir: 32.
|
Mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah: 148
dan Al Fatir: 32.
Mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148
dan Al Fatir: 32
Mendiskusikan terjemah Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
|
Siswa membiasakan perilaku berkompetisi
dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al
Fatir : 32.
Mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam
kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir :
32.
Menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang
terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
|
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
-
Guru-Siswa memberi
salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá
bersama sebelum memulai pelajaran.
-
Siswa menyiapkan kitab
suci Al Qurán
-
Secara bersama membaca
Al Qurán selama 5 – 10 menit
-
Guru menjelaskan secara
singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui
sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Q.S. Al Baqarah : 148
dan Fatir : 32,
-
guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-
Pernahkah kalian
mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas ?
- Pernahkah kalian membaca surat tersebut diatas ?
- Siapakah diantara kalian yang sudah hafal Q.S. Al Baqarah : 148
dan Fatir : 32 ?
-
Guru menunjuk seorang
siswa yang sudah fasih membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32, untuk
memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai
dengan 3 kali.
-
Setelah para siswa
selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Q.S. Al Baqarah
: 148,
yaitu sebagai berikut:
وَلِكُلٍّ وِّجْهَةٌهُوَمُوَلِّيْهَافَاسْتَبِقُوْاالْخَيْرٰتِۗ اَيْنَ
مَا تَكُوْنُوْا يَاءْتِ بِكُمُ اللهُ جَمِيْعًاۗ اِنَّ
اللهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ.
-
Setelah para siswa selesai
membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Q.S. Fatir : 32, yaitu sebagai
berikut:
ثُمَّ اَوْرَثْنَا الْكِتٰبَ الَّذِيْنَ
اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَاۚ فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِنَفْسِهٖۚ وَمِنْهُمْ
مُّقْتَصِدٌۚ
وَمِنْهُمْ سَابِقٌۢ بِالْخَيْرٰتِ بِاِذْنِ
اللهِۗ ذٰلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيْرُۗ.
- Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang
terdapat dalam Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.
Eksplorasi
-
Selanjutnya siswa
membaca arti Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan
terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru.
-
Selanjutnya, guru
mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir :
32 kepada siswa.
- Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin Q.S. Al Baqarah : 148 berikut artinya dengan benar.
- Setelah selesai
menyalin Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 berikut artinya, guru menjelas hukum bacaan (tajwid) yang terdapat
pada ayat tersebut.
-
Guru menjelaskan kepada
siswa akan hikmah yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.
-
Guru menugaskan kepada
siswa untuk mendiskusikan tentang proses awal kejadian manusia sebagaimana yang
terkandung dalam isi Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 secara berkelompok.
-
Selanjutnya guru
menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi tentang hukum bacaan (tajwid) yang
terdapat pada Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 secara berkelompok.
-
Siswa diminta untuk
menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
- Dalam Q.S. Al Baqarah
: 148 dan Fatir : 32 banyak
mengandung nilai-nilai sikap dan
perilaku yang utama, yaitu berkompetisi dalam kebaikan dan kebajikan karena
kebaikan dan kebajikan adalah karunia Allah yang terbesar.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
-
Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan
Fatir : 32 sebagai penutup materi pembelajaran.
-
Guru meminta agar para
siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan Q.S. Al Baqarah : 148 dan
Fatir : 32.
-
Guru menutup /
mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-
Guru mengucapkan salam kepada
para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan
(Performance Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al Quran dan terjemahan
Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI SMK
kelas 2
Buku Tafsir
Buku-buku yang relevan
J. Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Bacalah penggalan ayat yang mengandung arti Yang demikian itu adalah
karunia yang amat besar
|
ذٰلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيْرُۗ
|
2.
|
اِنَّ اللهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ
قَدِيْرٌ
Arti penggalan ayat
tersebut adalah........
|
Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala
sesuatu.
|
3.
|
Hukum bacaan “nun mati” bertemu
dengan “nun” adalah…….
|
Idgham
Bighunnah
|
II. Tes Perbuatan
No.
|
Nama Siswa
|
Kemampuan Membaca
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1. 1
|
Usman
|
|
|
|
|
|
2. 2
|
Said
|
|
|
|
|
|
3. 3
|
Sutejo Ade
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Skor Tes Perbuatan :
1.
= Membaca lancar dan baik =
80 – 90 = A
2.
= Membaca lancar kurang
baik =
70 – 79 = B
3.
= Membaca Terbata-bata =
60 – 69 = C
4.
= Membaca Terbata-bata
dengan bantuan guru = 50 – 59 = D
5.
= Tidak dapat membaca =
kurang dari 50 = E
III. Tes Sikap
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Tujuan
Kita diciptakan oleh Allah untuk beribadah kepada-Nya.
|
|
|
|
|
2.
|
Membaca Al Qur’an banyak mengandung nilai ibadah.
|
|
|
|
|
3.
|
Sebagai bentuk rasa syukur kita
kepada Allah dapat kita lalukan dengan mengucapkan hamdalah اَلْحَمْـدُلِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْــنَ "“ setiap kali kita memperoleh nikmat serta
menjalankan perintah Nya dan menjauhi larangan Nya.
|
|
|
|
|
dst
|
……………………………………………….
|
|
|
|
|
Keterangan
: Skor Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju = 50
S = Setuju = 40
TS =
Tidak Setuju =
10
STS = Sangat Tidak Setuju = 0
IV. Portofolio
Tes pengalaman
dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama
berdasarkan antara lain:
-
apa yang dilihat;
-
laporan rekan guru dan
pegawai lainnya; dan
-
laporan dari orangtua
murid atau siswa.
|
Salinlah Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar, kemudian artikan dan carilah kalimat/ayat yang
berhubungan dengan tajwid: ikhfa, idgham, dan izhar.
Mengetahui, Satui,
18 Juli 2016
Kepala SMKN 1 Satui Guru PAI
HANDAYA WICAKSANA, S.Pd, MM NURSALIM,
S.PdI
NIP. 19720226 199412 1 002 NIP.
19760106 201101 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar